Selasa, 04 Agustus 2015

Design Sistem Keamanan Jaringan

Sistem Keamanan Jaringan 

1. Pengertian Sistem Keamanan Jaringan

  Pengertian Keamanan jaringan komputer adalah proses untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer. Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah yang disebut “penyusup” untuk mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer . Tujuan /Keamanan jaringan komputer/ adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan komputer.

 2. Contoh Penggunaan Sistem Keamanan Jaringan dalam Sebuah Instansi 

Penerapan Sistem Keamanan Internet pada Bank
Dunia Perbankan tidak berbeda dengan industri lainnya dimana teknologi Internet mulai menjadi merasuk dan bahkan sebagian sudah menjadi standar de facto. Internet Banking mulai muncul sebagai salah satu servis dari Bank. Servis ini mulai menjadi tuntutan dari sebagian nasabah bank, sama halnya dengan servisATM dan phone banking. Akan aneh jika sebuah bank tidak memiliki ATM.
Demikian pula tidak lama lagi akan aneh jika sebuah bank tidak memiliki Internet Banking meskipun jumlah pengguna Internet di Indonesia masih sedikit. Tuntutan ini datangnya dari nasabah yang menginginkan servis cepat, tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu), nyaman, dan murah. Hal ini dapat diberikan oleh layanan Internet Banking. Namun dibalik kemudahan dan
kenyamanan tersebut terdapat aspek keamanan. Dalam sebuah survey oleh Ernst
& Young tentang Information Security diperoleh informasi bahwa 66% responden mengatakan security dan privacy merupakan penghambat lebih besarnya penggunaan electronic commerce.
Di lain pihak, apabila sebuah bank tidak melakukan internet banking, maka dia
mengambil resiko untuk tidak berpartisipasi. Internet banking memberikan beberapa keuntungan yang lebih besar dibandingkan resikonya.

Adapun keuntungan tersebut antara lain:
  • Business expansion.
Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk beroperasi di tempat tertentu. Usaha ini memerlukan biaya yang tidak kecil. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya meletakkan mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada Internet Banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas ruang dan waktu. Layanan perbankan sebuah bank kecil dapat diakses dari mana saja di seluruh Indonesia, dan bahkan dari seluruh dunia.
  • Customer loyality.
Nasabah, khususnya yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka account di bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat menggunakan satu bank saja.
  • Revenue and cost improvement.
Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet Banking dapat lebih murah daripada membuka kantor cabang.
  • Competitive advantage.
Bank yang tidak memiliki mesin ATM akan sukar berkompetisi dengan bank yang memiliki banyak mesin ATM. Maukah anda membuka account di bank yang tidak memiliki mesin ATM? Demikian pulabank yang memiliki Internet Banking akan memiliki keuntungan dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki Internet Banking. Dalam waktu dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak memiliki fasilitas Internet Banking.
  • New business model.
Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru. Layanan perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat.


 3.Jenis-Jenis Keamanan Jaringan 

Ada dua jenis perangkat yang digunakan dalam keamanan jaringan yaitu: 

A. Perangkat Keras
• Firewall 
Secara umum firewall biasanya menjalankan fungsi :
o Analisis dan filter packet
Data yang dikomunikasikan lewat protocol di internet, dibagi atas paket-paket. Firewall dapat menganalilsa paket ini kemudian memberlakukannya sesuai kondisi tertentu. 
o Blocking dan isi protocol
Firewall dapat melakukan bloking terhadap isi paket, misalnya berisi applet 
Java, ActiveX, VBScript,dan Cookie
o Autentikasi Koneksi dan enkripsi
Firewall pada umumnya memiliki kemampuan untuk menjalankan enkripsi dalam identitas user, integritas dari suatu session dan melapisi transfer data dari intipan pihak lain. Enkripsi yang dimaksud antara lain DES, Triple DES, SSL, IPSEC, SHA. MD5. 


B. Perangkat Lunak
• MRTG (Multi Router Traffic Grapher Software).
MRTG akan mengenerate halaman HTML yang menampilkan gambar dalam format PNG dari traffic pada jaringan. MRTG bekerja di sistem operasi UNIX dan Windows.
• Proxy
Proxy digunakan untuk membatasi akses internet pada lingkup suatu jaringan keamanan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya penyebaran virus pada jaringan dimana virus itu tanpa kita sadari dapat masuk pada saat kita melakukan browsing.
• Anti Virus
Anti virus kita gunakan untuk mendeteksi apakah ada virus pada komputer kita. Karena virus terus bermunculan dan yang diserang makin bervariasi maka kita perlu mengadakan update anti virus sehingga sistem kita lebih terjamin keamanannya dari virus. Sebab ada anti virus yang tidak bisa mendeteksi jenis virus tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar